Berkaitan dengan postingan sblmnya mengenai kerupuk plastik, seorang teman memberitahu ada penjelasan ilmiah kenapa kerupuk gampang terbakar, ini ada linknya, jd ga perlu khawatir lg yg suka kerupuk, berita baiknya kerupuk aman kok utk dikonsumsišŸ˜†šŸ˜†šŸ˜†..maafkan saya jika s4 membuat resah..

Kerupuk Mengandung Plastik?

BPOM: Kerupuk SepertiĀ Uceng, Kalau Dibakar Pasti Menyala

AN Uyung PramudiarjaĀ – detikHealth

JakartaĀ – Kerupuk yang digoreng pakai plastik kalau dibakar akan menyala dan menghitam. Itu menurutĀ informasi yang beredar di internet. Tapi menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kerupuk miripĀ ucengĀ yang kalau dibakar pasti menyala.
Informasi cara membedakan kerupuk yang digoreng dengan plastik dan yang tidak memunculkan anggapan kerupuk semacam itu benar-benar ada di pasaran. Hal ini patut diwaspadai karena makanan yang digoreng dengan campuran plastik tentunya memunculkan dampak negatif kesehatan.

Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan Olahan BPOM, Ratmono, membantah informasi yang mengatakan bahwa kerupuk yang menyala saat dibakar pasti digoreng mengunakan plastik. Menurutnya, semua kerupuk kalau dibakar pasti akan menyala dan berubah menjadi hitam.

“Kerupuk itu kandungannya 75 persen tapioka, sifatnya kalau dibakar akan menjadi karbon. Jadi pasti akan menjadi hitam kalau dibakar, itu bukan karena digoreng dengan minyak mengandung plastik,” tegas Ratmono saat dihubungiĀ detikHealth, Kamis (7/2/2013).

Mengenai api yang menyala saat kerupuk dibakar, menurutnya itu juga tidak menunjukkan bahwa kerupuk tersebut digoreng menggunakan plastik. Saat digoreng dengan minyak apapun, kerupuk akan menyerap 18 persen minyak sehingga sifatnya menjadi mudah terbakar.

Saat kerupuk dibakar, nyala api berasal dari pembakaran minyak yang terserap dan bukan dari pembakaran plastik. Ratmono mengibaratkannya sepertiĀ ucengĀ atau sumbu lampu minyak, yang mudah sekali terbakar karena menyerap minyak sebagai bahan bakarnya.

“Karena menyerap minyak, kerupuk jadi sepertiĀ uceng.Ā UcengĀ itu seperti sumbu kalau di kampung saya. Itu kalau dikasih api ya pasti menyala. Baunya kadang-kadang memang mirip plastik,” tambah Ratmono.

Ratmono menyayangkan beredarnya informasi tentang kerupuk mengandung plastik di internet. Menurutnya, informasi yang menyesatkan seperti itu akan sangat merugikan para pedagang kerupuk dan meresahkan masyarakat pada umumnya yang jadi takut makan kerupuk.

(up/vta)

Sumber: http://health.detik.com/read/2013/02/07/161329/2164056/763/bpom-kerupuk-seperti-uceng-kalau-dibakar-pasti-menyala?l992205755

#KerupukGampangTerbakar
#KerupukAmanDikomsumsi
#Konfirmasi
#LoveKerupuk with Fanny and NunungšŸ’• at Perumahan Depok Maharaja

View on Path

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: