Kendalikanlah Egomu..

Kalau kita berbicara ego, setiap orang pasti memiliki ego, yang terpenting bisa mengendalikan ego masing-masing.

Egois itu sifat yang sebisa mungkin kita hindari.. Di wikipedia Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Istilah lainnya adalah “egois”.

Ist.

Well, di setiap tempat pasti selalu ada orang yang egois, baik di lingkungan keluarga maupun di tempat kerja. Egois mempertahankan keinginan sendiri tanpa memikirkan orang lain, apakah itu menyakitkan atau merugikan orang lain terpenting si egois ini menang, senang dan mendapatkan apa yang dimauinya.

Yang ingin saya bahas di sini adalah bagaimana kita sebagai manusia bisa mengendalikan ego pribadi agar tidak merugikan siapapun;

Pertama, selalu berpikiran positif, apapun yang terjadi walau tidak sesuai keinginan kita, cobalah terima dengan ikhlas. Buang semua energi dan emosi negatif yang kita punya, meski sesuatu tidak sesuai keinginan kita, pasti ada hikmah dibalik itu semua.

Kedua, Empati, selalu melihat ke bawah jangan selalu melihat kehidupan di atas kita karena masih banyak saudara-saudara kita yang selalu kekurangan.. banyak saudara kita yg saat ini sedang sengsara, tumbuhkan sikap empati yang kita punya, pada dasarnya manusia memliki sifat baik.. alangkah indahnya jika kita bisa memupuk rasa empati yang ada, sehingga emosi atau egois yang kita miliki akan terkikis dengan sendirinya jika kita selalu berempati terhadap orang lain.

Ketiga, bersabar, firman Allah SWT; “Dan bersabarlah kalian, karena Allah beserta orang-orang yang sabar”. (QS. Al-Anfal : 46). “Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar”. Allah bersama dengan orang-orang yang sabar. Disebutkan juga  oleh Imam Al-Ghazali bahwa sabar itu adalah suatu tegaknya dorongan Agama yang telah berhadapan dengan dorongan hawa nafsu. Dengan bersabar, otomatis kita akan bisa mengendalikan hawa nafsu, misalnya marah dan rasa egois itu sendiri.

Akhirnya yang terpenting sebagai manusia kita harus menyadari bahwa semua yang ada di diri kita, harta, tahta, jabatan hanyalah sementara, semua akan kembali pada-Nya, tujuan hidup kita hanyalah Allah SWT. Denga menyadari kita ini kecil di hadapan ALLAH dan hidup mati kita ditentukan Allah, hal ini dengan sendirinya akan mendorong kita untuk bisa mengendalikan ego pribadi.

Sumber Foto: Kaskus

Sebagai makhluk yang bersosialisasi, setiap hari kita akan berhadapan dengan banyak orang yang memiliki sifat dan sikap yang berbeda dengan kita. Begitupun di rumah, suami, istri, anak-anak memiliki sifat yang berbeda..ingat kita tidak bisa memaksakan kehendak aagar orang mau mengikuti dan menuruti kemauan kita, tidak ada manusia yang sempurna begitu juga dengan kita. dengan saling mengerti, memahami dan tidak memaksakan kehendak kita pada orang lain, alangkah indahnya hidup ini.

Saya yang juga manusia biasa tak pernah luput dari dosa dan salah, tulisan ini hanya sekedar mengingatkan saja untuk saya dan yang lainnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: