Cuma Pengen Nulis Alm. Pak Wid

Sebenarnya aku tak mengenal siapa beliau, tapi tahu  tentang beliau, terlebih setelah enam bulan lalu diangkat menjadi Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Almarhum Widjajono Partowidagdo.

Melihat gayanya yang berbeda dengan birokrat lainnya, tentu bukan hal biasa. Gayanya yang nyentrik dan urakan membuat orang yang pertama kali melihatnya mungkin menganggap prilakunya sama dengan rambutnya tersebut, namun semua tertepis saat membaca dan melihat lebih sering profil Pak Widjajono di media-media. Gaya bahasanya santun dan bersahaja, membuat banyak orang makin kagum dengan sosoknya.

Banyak sekali petuah dan nasehat (meski hanya tahu lewat media) yang disampaikan beliau, seperti Jika kita mencintai ciptaan ALLAH dan menyanyanginya, maka ALLAH beserta alam pun akan menyanyangi kita, sungguh bijak dan sederhana disampaikan beliau. memulai hari dengan selalu berpikiran positif dalam setiap tindakan. Pak Mentri ESDM juga bilang kalau rambutnya kusut, tapi dalamnya gak kusut. Betul sekali !

Wmen ESDM

Alm. Widjajono Partowidagdo

Foto yang aku posting di sini diambil suamiku saat bersama temen kantornya mewancara beliau, waktu itu suamikulah yang bercerita bagaimana Pak Wid (sapaan akrabnya) saat bertemu langsung, bukanlah seperti pejabat kebanyakan yang suka jaim, beliau orangnya sangat santai namun pintar. Kata suamiku ngobrol dengan beliau, kita pasti dapat banyak pelajaran berharga. beliau juga memberikan bukunya kepada suamiku yang dibubuhi tandatangan. Pasti senang lah🙂

Tak menyangka sabtu sore (21 April 2012) saat sedang santai di rumah, masuk sms dan bbm ke ponsel suamiku kalau Pak Widjajono meninggal dunia saat mendaki Gunung Tambora, NTB. Tak percaya begitu saja, kami pun lalu menyalakan TV mencari kebenaran informasinya. (meski tak kenal, tapi kok rasanya merasa kehilangan) ternyata memang benar😦.

Air mataku tanpa terasa menetes sendiri, ah Pak Wamen Nyentrik kenapa begitu cepat kau meninggalkan bangsa ini? Disaat bangsa ini butuh profil orang-orang sepertimu. Takdir memang sudah ditentukan, kepergian beliau sudah menjadi suratan Ilahi.. beliau pergi dengan tenang di tempat yang disenanginya, di gunung.

Keinginan beliau mereformasi bidang Migas agar konversi BBM ke BBG segera terealisir dalam dua tahun ini merupakan gagasan yang brilian, karena  ide yang disampaikan beliau berdasarkan kajian-kajian ilmiah dan bukan yang asal. Pak Wid adalah sosok birokrat yang sederhana penampilannya tapi kaya ilmu dan kecerdasan. Beliau memahami betul kondisi ekonomi nasional, dan tau kebijakan yang tepat. Saat melihat pemberitaan, orang pasti tau kalau beliau selalu berada paling depan menjelaskan arah kenaikan BBM yang dicanangkan pemerintah.

Pak Wid yang nyentrik namun santun, soleh, baik hati, dan bersahaja kini telah tiada, semoga amal ibadahmu diterima di sisi ALLAH SWT, diampuni segala dosa-dosamu, banyak doa dan cinta dari rakyat untukmu. Selamat jalan Pak Wid.. tenanglah di sisi-Nya. Amiin YRA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: