Meditasi

Entah kenapa hari ini terlintas di pikiran untuk coba melakukan meditasi. Mungkin karena akhir-akhir ini saya sering merasa lelah, capek dengan rutinitas dan kegiatan sehari-hari. Ya mungkin melakukan meditasi salah satu jawabannya.

Ilustrasi meditasi *ist

Meditasi menurut yang saya baca adalah praktik relaksasi yang melibatkan pengosongan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Hhhmm saya akui di saat kita lelah atau capek, berdiam sejenak dan kalau di Islam bertafakur mengingat ALLAH, memang pikiran bisa menjadi tenang, utamanya bisa dilakukan malam atau dini hari. Di saat hening, dan senyap pernah saya lakukan itu (tahajud). Memang pikiran dan hati lebih tenang.

Saya akui, di saat usia bertambah, saya sadar bukan sebagai anak kecil yang selalu minta dimengerti dan dituruti kemauannya. Tapi ego kadang masih sering ada dicampur dengan nafsu, seperti gampang marah atau tersinggung dengan hal kecil, meminta dimengerti orang lain padahal tak mau mengerti yang lain dan susah untuk memaafkan orang lain, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu mungkin perasaan juga sering bercampur aduk, sering sedih atau marah karena hal-hal yang melow atau apapun namanya.. Duh kadang saya juga sering berpikir, ingin kembali saat jaman-jaman smp, sma, atau kuliah yang bisa dengan indah dilalui, beban tidak terlalu dipikirkan, tapi hidup harus terus berjalan, sekarang bagaimana caranya saya bisa me-manage hati dan pikiran untuk lebih menikmati hidup yang hanya sementara ini.

Bagi saya pribadi, saya tidak ingin itu menjadi penyakit dan bersemayam di diri saya. Maka itu kalau tidak dari sekarang dan dimulai dari sendiri (meminjam kalimat Aa Gym :D), kapan lagi?

Semoga niat saya ini tidak hanya tertulis di blog ini, tapi bisa saya  lakukan dengan segera. Saya hanya berharap dengan niat dan tekad kuat, saya bisa bermeditasi atau bertafakur (tahajjud lebih sering, bukan sekali-kali) untuk perbaikan pola hidup.

Berikut manfaat meditasi yang saya tahu (dari baca juga sih) hehe..

  • Apabila secara rutin melakukan meditasi, organ-organ tubuh dan sel tubuh akan mengalami keadaan baik dan bekerja lebih teratur.
  • Mampu mengatur dan mengendalikan orang lain serta memaafkannya.
  • Mampu mengerti orang lain dan memaafkannya.
  • Selalu bertekun dalam hidup yang baik, sebagai pembawa berkat bagi sesama.
  • Mampu menerima suka dan duka, kesulitan, dan kebaikan hidup dengan baik.
  • Meditasi membantu mencapai orgasme (yang ini juga penting..ups)
  • Meditasi bisa mengatasi atau menghilangkan kebiasaan buruk
  • Mengurangi stress (pastinya)
  • Merasa bahagia
  • Menikmati hidup (ini yang penting).🙂

Banyak banget ya manfaatnya, membuat keinginan lebih besar untuk melakukan meditasi. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat saya dan siapapun yang membaca..selamat bermeditasi🙂

Cheers

Dhita dan dari berbagai sumber

Leave a Reply

