Sembako dan Telur Ayam Naik !!!

Tidaaaaaakkkk…berasa banget nih harga daging ayam dan telur ayam naik.. bahkan ada kemungkinan mencapai 30 ribu per kilo.. ck..ck..ck.. harga biasa yang cuma sekitar 18ribuan per kilo meningkat bisa dua kali lipat, bukan cuma harga telur ayam, beberapa kebutuhan pokok seperti beras, bawang merah, cabe, dan kacang tanah di beberapa daerajh sudah mengalami kenaikan.

Bagi pedagang sih harga yang naik pasti menguntungkan, tapi bagi kaum yang sederhana, tentu ini cukup membuat was-was.. pastinya harga ini belum benar-benar kembali normal hingga menjelang Ramadhan.

Fotografer: Dananjoyo Kusumo (my hubby (^_^)

Sebagai masyarakat biasa ini tentunya jadi pikiran saya..dampaknya tentu juga dirasa para ibu rumah tangga khususnya bagi mereka yang memiliki anak-anak yang baru masuk sekolah tahun ajaran baru karena pastinya sangat memberatkan. Sebab, kenaikan harga bahan pokok bersamaan dengan masa pendaftaran masuk sekolah. pasti para ibu  kelimpungan ya..

Kalau dipikir-pikir pemerintah yang punya andil juga suka lamban mengatasi hal semacam ini, kalau harga bahan-bahan pokok pada naik, masing-masing selalu membuat pembelaan diri dan tidak mau disalahkan..Ada aja alasannya,

contohnya saya kutip dari bisnis indonesia yang terbit hari ini (http://www.bisnis.com/ekonomi/perdagangan/30660-harga-ayam-a-telur-naik-stok-aman)

(Kenaikan harga daging dan telur ayam yang terjadi saat ini dinilai merupakan imbas pascakelebihan pasokan yang terjadi selama kurang lebih 7 bulan. Ketua Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) Tri Hardiyanto mengatakan sejak November tahun lalu hingga Mei tahun ini, terjadi kelebihan suplai ayam hidup. Pada kondisi itu, peternak babak belur karena harga ayam hidup tinggal separuh dari harga pokok penjualan (HPP) peternak.

Untuk mengurangi pasokan berlebih itu, peternak mengafkir ayam lebih cepat dari biasanya sehingga ada keterlambatan produksi.
“Imbasnya ke harga saat ini,” ungkap Tri, hari ini.

Berdasarkan data laporan pemantauan harga dan distribusi barang kebutuhan pokok Kementerian Perdagangan, harga rata-rata daging ayam pada Juli mengalami kenaikan sekitar 4% dibandingkan Juni menjadi Rp25.943 per kilogram.

Harga rata-rata telur ayam yang biasanya berada di level Rp16.000-an pada Juni mengalami kenaikan 8,6% menjadi Rp17.897 pada Juli. )

Yah apapun, saya cuma bisa berharap semoga keadaan ini bisa segera diatasi dan masyarakat bisa hidup dengan kondisi perekonomian yang lebih baik…tapi kapan donk\?😦

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: